Thursday, November 27, 2008

What's your alignment?

First of all, aku lagi coba ngeblog lagi setelah lama gak nulis apa2. Semoga bisa berlanjut terus (perasaan dari dulu sama, semoga bisa kontinu nulis blog gitu. BAH!)

Ok, what's an alignment? Buat yang demen Dungeons & Dragons pasti pada kenal.
Quote dari Wiki: "In the Dungeons & Dragons role-playing game, alignment is a categorization of the ethical and moral perspective of people, creatures and societies."

Dalam kata lain, alignment adalah kategori yang dipakai untuk membedakan tendensi seseorang terhadap kode etik dan moral tertentu. Ada 4 variabel yang dipakai untuk menentukan kategori tersebut, Good, Evil, Law, dan Chaos.

Good vs Evil

Good: menggambarkan sifat yang menjunjung tinggi kebenaran, mengutamakan kesejahteraan orang lain, menghargai kehidupan, kasih sayang terhadap sesama. Orang dengan sifat "good" ini biasanya bersedia berkorban demi orang lain tanpa pamrih walaupun itu orang yang tidak dikenal.

Evil: menggambarkan sifat yang condong kepada kejahatan, lebih mengutamakan kepentingan pribadi tanpa memandang dampaknya pada orang lain (kok mirip sama sebagian besar anggota dewan kita ya?); melukai, menekan, bahkan membunuh tanpa belas kasih apabila itu berkesesuaian dengan kepentingannya. Orang dengan sifat "evil" ini biasanya egois dan hanya mementingkan dirinya sendiri.

Neutral: menggambarkan sifat pertengahan dari good / evil. Dimana orang dengan sifat ini tidak setuju dengan tindak kejahatan (evil) tetapi juga tidak terlalu mementingkan kepentingan orang banyak di sekitarnya. Orang dengan sifat ini hanya akan membantu orang-orang terdekatnya saja atau yang mempunyai hubungan dengan dia.

Law vs Chaos

Law: menggambarkan sifat yang menjunjung tinggi hukum dan keadilan, loyalitas, kejujuran, dan kehormatan. Orang dengan sifat ini cenderung melakukan semuanya secara teratur, semua yang keluar dari pakem adalah salah, semuanya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku entah itu hukum, adat, atau yang lain. Kekurangannya adalah dia cenderung kaku dan kurang bisa beradapsi terhadap suatu keadaan yang tidak tercantum dalam suatu peraturan.

Chaos: menggambarkan sifat "free spirit" / kebebasan, adaptasi, fleksibilitas dalam hidup, ketidakteraturan, ketidaksukaan terhadap sesuatu yang mengekang, dll. Orang dengan sifat ini biasanya berpikir di "luar kotak", menganggap peraturan itu ada untuk dilanggar, menganggap kebebasan berekspresi di atas peraturan dan hukum. Kelemahannya adalah cenderung ceroboh, pemberontak, tidak bertanggungjawab, susah menaati peraturan.

Neutral: menggambarkan sifat di tengah-tengah law / chaos. Orang dengan sifat ini mematuhi hukum secara wajar (tidak secara fanatis) dan tidak menganggap melanggar hukum (jika diperlukan) adalah hal yang tabu. Orang ini tidak mempunyai dorongan untuk menaati hukum atau memberontak terhadapnya.

Kategorisasi Alignment

Alignment dibagi menjadi (berdasarkan urutan):

  1. Lawful Good

  2. Neutral Good

  3. Chaotic Good

  4. Lawful Neutral

  5. True Neutral

  6. Chaotic Neutral

  7. Lawful Evil

  8. Neutral Evil

  9. Chaotic Evil


Lawful Good

Lawful Good dikenal juga dengan alignment "Saintly". Seseorang dengan alignment ini biasanya bertindak berdasarkan kasih sayang terhadap sesama dan selalu dengan rasa kehormatan dan tindakan yang tidak melanggar hukum. Orang dengan alignment ini kadang-kadang akan menghadapi dilema apakah harus mematuhi hukum yang bertentangan dengan hati nuraninya atau tidak. Contoh: mematuhi / melanggar peraturan dari pejabat yang kotor walaupun itu bisa mengakibatkan rakyat sengsara. Seorang polisi yang menjunjung hukum demi menanggulangi kejahatan adalah contoh orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Lawful Good: Batman, Captain America, Dick Tracy, dan Indiana Jones.

Neutral Good

Neutral Good dikenal juga dengan alignment "Benefactor". Orang dengan alignment ini selalu bertindak dengan hati nuraninya tanpa memandang apakah tindakannya itu melanggar hukum atau tidak. Seorang doktor yang mengobati tentara yang terluka dari kedua belah pihak yang berperang adalah contoh orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Neutral Good: Cloud Strife, Zorro, Solid Snake, Luke Skywalker dan Spider-man.

Chaotic Good

Chaotic Good dikenal juga dengan alignment "Beatific" atau "Rebel". Orang dengan alignment ini beranggapan bahwa perubahan untuk kebaikan bersama adalah mutlak, membenci birokrasi & pemerintah yang menghalangi kesejahteraan umum, menghargai kebebasan. Seorang pemberontak yang berusaha menggulingkan tirani adalah contoh orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Chaotic Good: Robin Hood, Arc The Lad, Tifa Lockhear, dan Austin Powers.

Lawful Neutral

Lawful Neutral dikenal juga dengan alignment "Disciplined" atau "Judge". Orang dengan alignment ini menjunjung tinggi hukum dan peraturan di atas segalanya dalam menjaga keteraturan dalam masyarakat. Seorang serdadu yang selalu mematuhi atasannya dan hakim yang menerapkan hukum tanpa pandang bulu adalah contoh orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Lawful Neutral: James Bond, Odysseus, Cait Sith, Paul Atreides, Leto Atreides II

True Neutral

True Neutral dikenal juga dengan alignment "Undecided", "Balancer" atau "Nature's". Orang dengan alignment ini cenderung bersikap netral terhadap segalanya tanpa melihat apakah perbuatannya melanggar hukum atau tidak ataupun apakah perbuatannya bermanfaat bagi kesejahteraan orang lain atau tidak. Orang tersebut cenderung beranggapan bahwa good, evil, law, chaos adalah prinsip yang ekstrem dan semuanya harus berimbang. Seorang petani yang hanya bertindak untuk memberi makan keluarganya adalah contoh orang dengan alignment ini. Semua binatang juga ber-alignment ini karena mereka bertindak hanya berdasarkan insting mereka semata.

Beberapa tokoh dengan alignment True Neutral: Vincent Valentine, Lara Croft, Mr. Spock, negara Swiss.

Chaotic Neutral

Chaotic Neutral dikenal juga dengan alignment "Anarchist" atau "Free Spirit". Orang dengan alignment ini bertindak berdasarkan keinginannya tanpa mengindahkan peraturan dan tradisi, dan berusaha agar tidak merugikan orang lain (walaupun mereka bisa saja melakukannya apabila diperlukan). Kebanyakan pengelana mempunya alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Chaotic Neutral: Tarzan, Captain Jack Sparrow, Tyler Durden (Fight Club), dan Snake Plissken.

Lawful Evil

Lawful Evil dikenal juga dengan alignment "Dominator" atau "Diabolic". Orang dengan alignment ini cenderung patuh terhadap peraturan tetapi tidak menghiraukan (dan cenderung menyengsarakan) kesejahteraan orang banyak. Seorang tiran, bos mafia, serdadu berdarah dingin yang mematuhi atasan dan senang membunuh adalah contoh orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Lawful Evil: Darth Vader, Boba Fett, Kingpin, Magneto, Emperor Shaddam IV, Lex Luthor.

Neutral Evil

Neutral Evil dikenal juga dengan alignment "Malefactor". Orang dengan alignment ini cenderung egois dan tidak akan ragu2 untuk mengkhianati temannya apabila memang itu diperlukan. Mereka tidak akan berpikir dua kali untuk melanggar hukum dan melukai orang lain apabila itu sejalan dengan keinginan mereka, tetapi mereka juga tidak akan melakukannya jika itu tidak berguna bagi mereka. Seorang penjahat dengan alignment ini bisa lebih berbahaya daripada yang ber-alignment Lawful Evil atau Chaotic Evil. Karena dia tidak dibatasi oleh peraturan (Lawful) dan juga tidak tak terorganisir dan tanpa maksud (Chaotic). Seorang pembunuh bayaran yang hanya membunuh targetnya saja termasuk orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Neutral Evil: Mystique, Sawyer (Lost), Sauron

Chaotic Evil

Chaotic Evil dikenal juga dengan alignment "Destroyer" atau "Demonic". Orang dengan alignment ini tidak mengindahkan hukum, moralitas, kepentingan orang lain, bahkan nyawa orang lain kecuali nafsu mereka sendiri. Mereka melakukan apa saja yang diperlukan untuk memenuhi kepuasan mereka. Mereka mematuhi peraturan hanya karena mereka takut akan hukuman, bukan karena hukum itu sendiri. Seorang pembunuh berdarah dingin termasuk orang dengan alignment ini.

Beberapa tokoh dengan alignment Chaotic Evil: Lord Voldemort, Baron Vladimir Harkonnen, Sephiroth, The Joker, Profesor Moriarty.

What's your alignment?

Jadi yang manakah alignment anda? Anda bisa mencoba meraba-raba sendiri berdasarkan kategori-kategori di atas. Atau kalau tidak yakin, bisa coba link-link di bawah ini:
http://www.wizards.com/default.asp?x=dnd/dnd/20001222b
http://www.okcupid.com/tests/5273602979166955622/Alignment

2 comments:

Viky Daudy Sehary said...

hiii.. thanks for the links.. ^^ makasi ya kk.. ^^

Bawenang said...

sama-sama...